SEJARAH FIRCOM

FirCom Adalah: Perusahan Per-Orangan dengan Akta: no.06 juni 2006 yang bergerak di Bidang Computer yang pada awalnya sekitar tahun 1998. Yogyakarta saya kuliah di Universitas Sarjanawiayata Tamansiswa Yogyakarta Jursan FKIP, Kost di Celeban Umbulharjo Yogyakarta saya minta kepada orang tua untuk diberikan komputer satu unit dengan harga berkisar sekitar 7 jutaan kebetulan pada saat itu di kampung saya harga kopi lagi mahal mulai
Dari situ saya mulai berbisnis pertama tama dengan teman kampus mengerjakan tugas kuliah (direntalkan) dengan saya dari situ saya dapat uang dan terasa enak akhirnya saya minta lagi kepada orang tua dibelikan computer sebanyak 3 unit dengan harga berkisar 10 juta tapi kata orang tua saya dengan computer 4 unit tersebut saya harus tanggungjawab dengan catatan tidak diberi lagi uang makan perbulan dengan rasa tanggunjawab saya coba dan berhasil.
Akhirnya sekitara 05-05-1999 di Yogyakarta tempatnya di Jalan Babaran No.10 Umbulharjo Yogyakarta pada awalnya sekedar rental dan penjualan kecil-kecilan di kota Yogyakarta tersebut saya sambil belajar dan berwiraswasta di kota Yogyakarta dan pada saat itu saya sendiri mendirikan computer tersebut dengan di beri nama fircom yogyakarta dan awalnya diabil nama fir adalah pirawansya com adalah computer, Jadi pirawansya computer. Belajar berbisnis dikota Yogyakarta kurang lebih dari tahun 1998 s/d 2003 akhirnya aku memutuskan pulang kampung yaitu kota tercita Kab. Lahat pertama berdiri FirCom di Kabupaten Lahat di jalan Isau-isau no.10 Pasar Lama Lahat disitu awal di buatnya suatu usaha yang bergerak bidang pendidikan computer, rental, penjualan, service, editing,trasfer film, photografer, dan internet. Pada saat itu juga saya menika sekitar tahun 2003 tetapi seiring dengan perkembangan pada saat ini saya sudah berkeluarga maka semenjak anak saya lahir pertama tanggal 05.05,04 yang diberi nama FIRNANDO PUTRA KURNIAWANSYA dan lahir juga yang kedua tanggal 06.01.06 yang diberi nama FIRNANDA PUTRI SYANIA maka makna yang terkandung dalam fircom itu adalah FIRNANDO DAN FIRNANDA COMPUTER yaitu putra dan putri saya. dan sekarang fircom lahat suda mulai berkemang di kota tercinta Kabupaten Lahat
Ada beberapa Bagian di yang ada di fircom
1. Bergerak dibidang pendidikan Computer
2. Bergerak dibidang penjuanan
3. Service
4. Studio yang diberi nama firnando Studio yang meliputi ; - Shooting Pernikahan, Ultah, dll -
Editing film - Transfer, Kaset, DVD, VCD, Hardisk, berbagi Memory Handphone - Photo
Grafer, Poto pernikahn, Ultah dll.
5. Bergerak di Bidang Pembangunan Infra struktur ICT di kabupaten lahat
Pusat Pendidikan Computer FirCom lahat juga menjalin kerjasama dalam penyewaan
computer ke sekolah-sekolah baik itu tingkat SD s.d SMA.
FirCom Juga memberikan Beasiswa kepada siswa yang tidak mampu, berprestasi di kelas 10
besar, berprestasi pada akhir semester bagi yang ikut program satu tahun. Dengan harapan
diberikannya beasiswa kepada siswa tersebut dapat meringankan beban biaya pendidikan
bagi orang tua. Pusat Pendidikan Computer fircom lahat memberikan layanan internet gratis
bagi anak anak yang belajar di fircom dengan tujuan supaya anak tau perkembangn dunia saat
ini. Fircom melakukan perbaikan perbaikan peralatan yang tadinya rata-rata PII mejadi P IV
secara berkala itu semua dilakukan untuk memberikan rasa puas, nyaman kepada siswa yang
belajar. Fircom juga meningkatkan sdm tenaga pendidikan dengan memberikan diklat yang
dilakukan baik di kota palembang dan jakarta. dengan tujuan supaya bisa menghasilkan

tanaga pendidik yang mampu bersaing di era globalisasi.Fircom juga melakukan kerjasama
dengan industri dan isntansi pemerintah dan terlibat langsung dengan instansi swasta
contohnya melakukan ujian competensi SMK TIARA LAHAT jurusan Teknik Infomatika
dengan judul konecsi jaringan internet ke tower jardiknas melawati ict centre SMK TIARA
LAHAT.

sahabat

Kumpulan Puisi Tentang Persahabatan

TeMaN aDaLah kaKi,..

TeMaN aDaLah taNgan,…

TeMaN aDaLah maTa,..

jiKa taNgan saKit kaKi puN saKiT

taPi sahabat aDaLah haTi daN oTak,.

maKa jaGaLah haTi daN piKiraN

haTi iTu raJa,…

seDaNgkan aNggoTa tuBuh mEruPaKaN pasukanNya

jiKa raJaNya baik, mKa baiK puLa pasukaNnya

taPi jiKa raJaNya jaHaT, mKa jaHaT puLa paZukaNnya.

persahabatan adaLah saTu jaNji daLam haTi,….

tak bisa di tuLis daN taG bisa di baCa

taPi,...tak aKan teRpisah kareNa jaRak,..

tak akaN bEruBaH kareNa masa,..

tak akaN sirNa kareN aMaraH,..

sEdeTik di maTa

seLamaNya di haTi

jf d’fLatoeZ

========================

Seandainya waktu dapat di arahkan
aku ingin kau kembali
menemani hati perih
yang selalu menunggu kedatanganmu

bulan kini tiada mempunyai bintang
sama halnya dengan ku
tak pernah ku sangka secepat
itukah kau pergi

sobat temani aku dalam mimpi
agar tiada lagi kesediaan di hati
walau itu tak kan mungkin
tapi kukan selalu berharap

===========================

Aku tak tau kenapa pagi tak muncul
kenapa mentari slalu menutupi sinarnya
shabat kau pergi dengan kebahagiaan mu
tingalkan luka seutuhnya untuku
kau adalah cahaya hidupku jangan kau pergi
tinggalkan semua kenangan ini
dariku…. dan hanyalah waktu yang kan menjawab semua ini untuku…!!

=========================

untuk sahabat

maaf,
jika waktu ku terlalu singkat untuk kulewati denganmu
tawa q trlalu sedikit untuk q bagi bersamamu,tapi
terlalu sering bahumu kubasahi dengan air mata,
q bebani dengan masalah-masalah ku
tak bisa kuhitung berapa kali lidahku menyayat2 hatimu
namun kau slalu memberiku nafas saat aku sulit bernafas
kau beri aq sayap saat aku sulit untuk terbang,

maaf kalau semua itu hanya mampu kutebus dengan ucapan terima kasih

==========================

Lautku, sahabatku

Laksana safir biru yang terbentang luas
bermandikan indahnya cahaya surya
engkau pula yang membuat hatiku berdesir
seiring desiran ombak di pasir putihmu

angin timur terus menerpa kalbuku
yang tak henti tuk kagumimu
ingin kunikmati setiap pesona biru ini
dan walau karam,kalbuku untukmu

syahdunya percikan sirip-sirip kecil
seolah ajakku turut serta
dan kan kulangkahkan kaki perlahan
sampai dingin airmu menyambut seluruh aku

[just for someone special]

===========================

Semusim kita bersama
Apapun rintangan
Persahabatan menjadi pegangan
Gelak tawa meniti hari
Pahit dan duka sama dikongsi
Manisnya ukhuwah yg tlah bersemi
Meskipun kini kita tlah terpisah
Namun setiap cebisan kenangan terindah
Seringkali berlegar di ruang minda
Setiap detik waktu bersama
Kan tetap tersemat menjadi sebuah memori
Yang akan dikenang sampai mati…

=========================

Aku tak mengerti apa yang telah terjadi
kini aku disini duduk merenung sendiri
meratapi redupnya bintang dimalamku
..
Aku tak mengerti mengapa harus begini
kau pergi tinggalkan aku tergolek letih
semua cuma tinggal kenangan dihati
sosok manis nan ayu tersisa puing2 kalbu..

Aku cuma bisa berharap akan kedatanganmu
nyanyikan lagu rindu pelibur kalbu
bawa mimpi indah hidup bersama..

==========================

hembusan bayu lembut bertiup
dereu ombak yang memukul pantai
sayu hati bila terkenangkan
memori indah bersama
dengarlah lagu kuciptakan
tanda ingatan tulus buat mu
moga abadi di sanubari
bersemi buat selamanya

segala yang manis pasti ada pahitnya
begitulah jua hidup bersama
segala yang indah jadikan hiasan
segala yang buruk jadikan sempadan

masih segar di ingatan ku sentiasa
kenangan menggamit rasa
tempuhi onak dan duri
itulah yang diharungi
jaji yang telah kita bina
tetap kekal abadi

seandainya dugaan datan menerpa
hingga dirimu terluka
usah ditangis hibanya
karna aku bersamamu
mengubat hati yang duka
demi janji kita

marilah suburkan kembali
hubungan dengan kejujuran
leraikan segala impian
buktikan dengan keikhlasan
moga persahabatan ini
mengajar erti kehidupan
dalam rahmat tuhan yang esa
bahagia selamanya…..

==========================

Kenangan takan pernah sirna
meski beribu kisah datang
kenangan akan abadi tersimpan
dirimu menyatu dalam darahku
mengerti setiap gundahku
kau hapus dengan tawa riangmu
sobatku….
pelangi hadir warnai langkah kita
meski kadang tak indah
namun warnanya tak pernah pudar

========================

Ketika Cinta Menghancurkan semuanya tak ada satu pun kata yang dapat Menghiasinya.Cinta Pergi Sahabat Berlalu Sungguh terlalu Terasa Sakit Namun tak terobati.Rasa Rindu Yang Tak Terungkap Hanya Lirih Dan Mungkin Sebuah Penyesalan.Mana Yang Harus Kupilih SAHABAT SEJATI Atau CINTA Yang Selama Ini Kuharapkan…??TUHAN SATUKANLAH KAMI…..KAN KU JADIKAN DIA SAHABAT DAN CINTA SEJATI UNTUK KU SELAMANYA

sahabat

Sahabatku……….!
Di dalam keremangan hidup ini,
aku berjalan mencari arti kehidupan
teringat aku padamu,
Sahabatku……….!
Engkau yang selalu membantu
di dalam mencari arti kehidupan yang sebenarnya
tapi kini
dirimu tla jauh………dan terlalu jauh untuk ke jangkau
Sahabatku……….!
kepergianmu dengan tiba-tiba
sangat ku sesali
mengapakah aku tak tahu ??
setelah aku tahu semuanya
engkau sudah tiada padaku lagi

Mengenal dan memahami jaringan wereles

ULANGAN

Mengenal dan Memahami Jaringan Wireless

Jaringan Wireless LAN atau Jaringan lokal nirkabel atau WLAN adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya, dan link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kabel, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel. LAN nirkabel adalah suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antara perangkat komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transceiver radio dua arah yang tipikalnya bekerja pada bandwidth 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi‐Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan atau WPA.
1. Frekuensi
Frekuensi adalah jumlah siklus per detik sebuah arus bolak-balik. Satuan yang digunakan untuk frekuensi adalah Hertz yang disingkat Hz. Satu Hz adalah frekuensi sebuah arus bolak-balik menyelesaikan satu sklus dalam satu detik.

2. Panjang Gelombang
Panjang gelombang adalah jarak antar dua titik identik dalam sebuah siklus. Dalam frekuensi radio, panjang gelombang biasanya dalam meter, centimeter, atau millimeter. Panjang gelombang tergantung pada ketinggian frekuensi. Semakin tinggi frekuensi maka semakin pendek gelombangnya.

3. Tx Power
Tx adalah kepanjangan dari transmit atau pemancar. Semua access point akan memiliki daya pancar tertentu, daya pancar ini menentukan energi yang ada sepanjang lebar bandwidth tertentu. Biasanya diukur dengan satuan – satuan :
• dBm adalah daya relative terhadap satu miliwatt.
• W adalah daya linier sebagai Watts.
4. Sensitivitas Rx
Rx adalah kependekan dari receive atau penerima. Semuan radio mempunyai titik minimal, dimana jika sinyal yang diterima lebih rendah dari titik minimal, maka data yang dikirim tidak dapat diterima. Titik minimal sensitive Rx didefinisikan dalam dBm atau W. Pada sebagian besar radio, sensitivitas Rx didefinisikan sebagai level dari Bit Error Rate (BER) .
5. Penguatan Antena
Pada system radio wireless digunakan antenna untuk mengonversikan gelombang listrik menjadi gelombang elektromagnetik yang akan merambat diudara. Penguatan antenna adalah besarnya penguatan energi yang dapat dilakukan oleh antenna pada saat memancarkan dan menerima sinyal. Penguatan antenna diukur dalam:
• dBi adalah relative terhadap antenna isotropic ( ntenna titik).
• dBd adalah realatif terhadap sebuah antenna dipole.
6. Redaman
Dalam sebuah komunikasi radio ada banyak hal yang memungkinkan terjadinya redaman pada kekuatan sinyal. Beberapa diantaranya adalah kabel, konektor, anti petir, udara maupun berbagai halangan lain seperti pohon, dinding dan lainnya. Semua ini akan menyebabkan turunnya kemampuan sebuah perangkat wireless jika tidak dikonfigurasikan dengan benar.

7. Spread Spectrum
a. Direct Sequence Spread Spectrum (DSSS)
Merupakan salah satu dari pendekatan modulasi spread spectrum untuk pengiriman data digital berkecepatan tinggi melalui radio. Umumnya peralatan IEEE 802.11b menggunakan DSSS untuk memancarkan datanya yang memberikan kecepatan sekitar 11 Mbps.
b. Frequency Hopping Spread Spectrum (FHSS)
Radio FHSS akan memancarkan dan melompat pada frekuensi tertentu berdasarkan sebuah algoritma yang dapat dirandom atau direncanakan. System ini biasanya lebih lambat dari DSSS. Dengan konsekuensi memerlukan bandwidth lebih sedikit, akibatnya kecepatan FHSS lebih rendah dari DSSS.

8. Propagasi di Udara (Free Space)
Pada saat sinyal meninggalkan antenna, sinyal akan berpropagasi atau lepas keudara. Pada frekuensi 2,4 GHz sangat penting menentukan agar jalur antar kedua antenna ini tidak ada penghalang.
9. Line of Light (LOS)
Merupakan suatu hubungan komunikasi dimana antenna pemancar dan antenna penerimanya terletak dalam daerah bebas hambatan. Untuk memperoleh LOS antara antenna pengirim dan penerima sangat penting sekali baik untuk instalasi point to point maupun point to multipoint. Yang perlu diperhatikan dalam instalasi LOS adalah :
• Optical LOS yaitu berhubungan dengan kemampuan untuk masing-masing melihat satu sama lain.
• Radio LOS yaitu berhubungan dengan kemampuan penerima radio untuk melihat sinyal yang dipancarkan oleh pemancar radio.

Diterbitkan oleh http://www.rian anak slemanblogger.com


Selasa, 05 April 2011

tehnologi cysco

Simulasi Jaringan Menggunakan Cisco Packet Tracer

Simulasi jaringan merupakan virtual reality simulation yang digunakan untuk menirukan tabiat dari proses dan system jaringan sesuai dengan dunia nyata. Berbagai percobaan dapat dilakukan dengan mengubah model pada simulasi. Penggunaan simulasi dapat membantu untuk menguji hal yang terlalu beresiko jika dilakukan secara nyata. Software aplikasi simulasi jaringan yang paling familiar yaitu Cisco Packet Tracer. Software buatan Cisco ini dapat mensimulasikan berbagai jaringan computer dan komunikasi, seperti jaringan yang menggunakan kabel dan nirkabel (wireless).

Panel pada Cisco Packet Tracer

Keterangan panel no :
1. Untuk memberi nama scenario Simulasi.
2. WorkSpace atau Area Kerja.
3. Device – device yang digunakan untuk simulasi seperti router, switch, hub, wireless device, connections, end device, wan emulation, custom made device, dan multiuser connection.
4. Jenis dan tipe device.
5. Berisi pilihan Logical View dan Physical View. Logical yaitu untuk membuat konsep abstact sedangkan Physical mensimulasikan keadaan device dan kondisi sebenarnya seperti didunia nyata seperti computer hardware, office desk , serta wilayah-wilayah.
6. Berisi pilihan Realtime dan Simulation. Realtime yaitu simulasi jaringan sesuai dengan waktu nyata sedangkan Simulation untuk melihat bagaimana data-data pada jaringan bekerja.

Membuat Simulasi Jaringan Peer to Peer (P2P)

Peer to peer merupakan konsep komunikasi antarkomputer di tingkat yang sama di suatu jaringan tanpa campur tangan system di tingkat yang lebih tinggi. Masing-masing computer bisa bertindak sebagai server untuk computer lain.
Pada Packet Tracer pertama kita pilih logical view untuk membuat konsep. Untuk membuat jaringan P2P minimal membutuhkan 2 buah computer yang berada ditingkat yang sama. Oleh karena itu pilih end device pada device panel kemudian tahan mouse lalu drag end device jenis PC-PT dua kali ke area workspace.
Untuk menghubungkan dua computer tersebut digunakan penghubung berupa kabel. Pada device panel pilihconnection > pilih jenis kabel Cooper – Cross Over (Kabel jenis ini digunakan untuk menghubungkan 2 device/computer yang setingkat). kemudian klik dan sambungkan ke computer yang akan dihubungkan. Setelah itu pilih sambungan FastEthernet.
Maka kedua computer akan terhubung ditandai dengan warna hijau pada ujung kabel yang menyatakan bahwa device tersebut dalam keadaan connect.
Kedua device yang terhubung tersebut belum mempunyai IP Address. Untuk setting IP Address dapat dilakukan pada properties setiap device dengan cara mengklik device tersebut, kemudian pilih tab panel bernama Config kemudian pilih FastEthernet. Setelah setting IP Address dan subnet mask untuk masing-masing computer. Setting subnet mask akan secara otomatis setelah melakukan setting IP Address dengan cara klik form Subnet Mask. Pilih tanda ‘X’ pada pojok kanan atas untuk ok dan close.
Pada contoh simulasi ini IP Address pada computer yang bernama PC1 diberikan IP Address 192.168.5.1 dan pada PC2 diberikan IP Address 192.168.5.2.
Untuk mengecek konektivitas jaringan, pada properties salah satu computer (misal pada PC2) pilih Command Prompt pada tab panel Desktop. Kemudian ketik perintah Ping ke PC1 yang memiliki IP address 192.168.5.1seperti pada gambar dibawah ini.
Jika mendapat reply dari request ping maka kedua computer tersebut dalam keadaan terhubung.

Membuat Simulasi Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) merupakan cara menghubungkan sejumlah computer melalui saluran komunikasi sehingga dapat saling berbagi data dan peralatan pendukung. Jumlah computer yang disimulasikan pada kali ini sebanyak 6 komputer. Cara menambahkan device dan setting IP Address sama seperti yang dijelaskan pada simulasi jaringan Peer to Peer (P2P).
Untuk menghubungkan semua computer dibutuhkan suatu device pendukung agar suatu computer dapat berkomunikasi dengan computer lain. Device pendukung tersebut adalah Switch. Sehingga pada Packet Tracer pilih device Switches dengan jenis Switch-PT Empty. Pada Swich-PT Empty dapat diatur sendiri berapa sambungan yang akan ditambahkan.
Untuk menambahkan sambungkan dapat dilakukan dengan cara memilih modules pada panel tab Physical kemudian pilih PT-SWITCH-NM-1CFE yang merupakan sambungan fastEthernet kemudian drag and drop ke lubang switch yang masih kosong. Pastikan switch dalam keadaan OFF saat memasang tambahan sambungan. Setelah selesai kembalikan power ke mode ON.
FastEthernet merupakan sambungan yang paling banyak digunakan. Tidak seperti jaringan P2P, kabel digunakan kali ini yaitu kabel jenis Cooper Straight-Though. Sambungkan semua computer ke switches device. Jika ada tanda lampu merah muda pada ujung sambungan,berarti switch sedang melakukan proses booting.
Untuk mengecek konektivitas dan melihat jalur proses komunikasi data dari satu computer ke computer lain, dapat dilakukan dengan cara ping namun kondisi realtime diganti dengan simulation untuk melihat proses komunikasi data. Karena melakukan ping, maka kita akan memfilter data ICMP saja pada simulation mode.
Kemudian dilakukan proses ping (misal dari PC5) ke PC1. Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini :
Pada workspace akan terlihat bahwa data yang dikirim dari satu computer ke computer lain harus melalui switch. Pada event list dapat dilihat waktu, jenis data, sumber dan tujuan data. Untuk melihat animasi proses komunikasi data dapat dilakukan dengan cara mengklik tombol auto capture / play.
Jika ditinjau lebih dalam sebelum melakukan ping ,ada suatu protocol jenis ARP yang mengecek dan mencari alamat data yang dituju.
ARP merupakan singkatan dari Address Resolution Protocol yang bertugas meletakan alamat internet ke alamat keras pada LAN secara terus menerus.
File dalam bentuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar